Kisah Sahabat Rasulallah S.A.W ( Julaibib )


Dia adalah seorang sahabat nabi sekaligus seorang pembantu rasulallah S.A.W dan hidupnya miskin dengan tampangnya biasa ajah jangan katakan jelek ya..

Saking biasanya pada suatu hari dia ingin mencari pasangan hidup akhrinya dia mencari dan melamar ke beberapa perempuan di kota tapi tau gak satupun tidak ada yang mau , dari mulai yang cantik sampai yang jelek, dari yang sholehah sampai yang sudah merdeka bahkan seorang budakpun tidak mau pada julaibib saking biasanya.

Julaibib pun bingung dan gelisah kalau bahasa sekarang mah galau. Karena kegalauannya akhirnya dia ke mesjid karena kesehariannya di mesjid. Di pun curhat kepada allah dan curhatnya pun di mihrab karena kegelisahanya atau galau dia bilang “ ya allah saya mencari pasangan tapi tidak ada yang mau  karena keadaan saya yang begini ”. Karena atas izin allah S.W.T datang lah rasulallah S.A.W  dan rasul pun tiba tiba pengen kemesjid saja  “ itulah skenario allah tidak ada yang mengetahuinya”.

Akhiranya rasulallah S.A.W pun kemesjid dan melihat julaibib yang sedang gelisah atau galau.  lalu beliaupun mendekatinya dan bertanya “ wahai julaibib kenapa kamu sampai gelisah ? “   lalu julaibib pun menjelaskannya     “ ya rasulallah usia saya kan sudah semakin tua saya pengen mencari pasangan. Saya cari cari di kota  tapi tidak ada yang mau “.  julaibib pun pasrah  “ ya rasulallah bisakah saya mendapatkan seorang istri di akhirat nanti “  lalu rasulallah pun berkata “ wahai julaibib kamu akan mendapatkan istri yang cantik, sholehah dan kaya di dunia dan di akhirat “ . kan ada hadis yang mengatakan “ barang siapa yang mencari dunia maka akhirat akan lepas dan apabila mencari akhirat dunia pun mengikutinya.”  Julaibib pun kaget dan senang karena selama dia mencari istri budak saja tidak mau apalagi yang cantik sholehah lagi. Lalu raulallah pun berkata lagi “ kamu temui kepala suku yang kaya raya”.

Ahirnya julaibib pun menemui kepala suku itu. Sampai di rumahnya mengetuk pintu keluarlah kepala suku itu “ wahai jaulaibib ada apa? Ada yang bisa saya bantu untuk rasulallah? “ karena julaibib terkenal sebagai pembantu rasulallah. Kata julaibib “ saya mendapat pesan,  rasulallah ingin melamar putri bapak untuk saya “  lalu dia pergi ke dapur membicarakan masalah ini beserta istrinya “ mah julaibib mau melamar anak kita kalau tidak dilaksanakan ini perintah rasul kalau di laksanakan itu julaibib” lalu putrinya pun mendengar keributan dan menghampiri bapak dan ibunya “ ayah dan ibu ada apa? “ ayahnya menjawab “ wahai putriku, julaibib ingin melamar kamu atas perintah rasulallah “ putrinya pun menjawab “ wahai ayah dan ibu, istigpar bertobatlah kalian. Ini kan perintah allah dan rasul tidak ada sebaik pilihan mereka “ ayahnya memotong “ gimana dengan masa depan kamu? “ putrinya menjawab lagi “ wahai ayah saya serahkan semuanya pada allah S.W.T meskipun itu julaibib” akhirnya orang tuanya pun menyetujuinya dan menemui julaibib berkata kepada julaibib “ julaibib lamaran kamu di terima “ jalaibib kegirangan karena bahagia bisa diterima oleh wanita cantik sholehah dan kaya .

Merekapun mempersiapkan pernikahannya dan membagikan undangan. Pada saat di pernikahannya ternyata rasulallah S.A.W tidak datang dan julaibib pun menanyakan kebeberapa orang , dia dapati bahwa rasulallah sudah berangkat berzihad. Ternyata julaibib di tinggal perang oleh rasulallah dan berkata pada istrinya “ wahai istriku siapkan kendaraan dan perbekalan aku ingin menyusul rasulallah”. Istrinyapun menyiapkan segalanya julaibib pun berangkat kemedan perang untuk berzihad.  Itulah keajaiban sahabat rasul tidak bisa dipirkir oleh akal mereka bahagia karena allah S.W.T dan rasulallah S.A.W terlibat dalam pemilihannya.
Ketika mereka siap siap untuk berperang  perang rasulallah merasa ada yang kurang padahal di situ ada abu bakar umar dan sahabat yang lainya ternyata julaibib tidak ikut berperang dan julaibib menyusul ketika sampai di pasukan kaum muslimin dan melakukan zihad. Setelah selesai berperang julaibib wafat di medan perang.  pada saat itu istrinya pun tidak menikah lagi dia menunggu sampai akhir hayatnya dan tetap menjadi istri julaibib di akhirat nanti.

Mohon maaf kalau ada kesahan dari ceritanya semoga bermanfaat

2 Responses to "Kisah Sahabat Rasulallah S.A.W ( Julaibib )"

Berkomentarlah dengan sopan