Pengertian Bantara Secara Rinci




Bantara

Bantara berasal kata biantara yang berati berpidato maksudnya dapat berbicara di depan orang banyak dan dapat mempertanggung jawabkannya.
ada juga yang mengatakan bantara adalah singkatan dari bantuan tenaga rakyat yang berati tugas membantu masyarkat ataupun aparat misalnya dalam bulan ramadhan suka ada operasi lalu lintas dan pramuka selalu di ikut sertakan.

Mungkin singkatan itu juga di ambil dari poin trisatya ke dua “ menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat”. Jadi kita tidak hanya manyaksikan saja tapi harus terjun atau membantu kemasyarakatnya dan yang intinya berpedoman pada pancasila.
( baca juga : apa itu pramuka )

Bantara juga merupakan tingkatan pertama dalam pramuka penegak. Syarat untuk menjadi pramuka penegak bantara minimal harus menyelesaikan syarat kecakapan umum (sku) dulu. Didalam skunya terdapat 23 poin. Banyakkan? Tapi itu bisa di atasi bagi orang yang tulus masuk pramukanya dengan suka rela tanpa ada paksaan. Karena didalam poin-poinnya itu hampir semua mencakup dengan kehidupan sehari-hari kita.

Poin – poin penting dalam sku

    1.    Keagamana

Dalam keamaan ini kita pasti di suruh menjelaskan tentang kepercayaan yang kita anut sesuai dengan kepercayaannya masing-masing kecuali ateis karena tidak mengenal dengan adanya tuhan.

    2.    Spiritual

Harus bisa hidup bertoleransi dengan perbedaan agama. Karena begitu banyak agama di indonesia jadi kita harus saling menghagai.

    3.    Emosional

Harus bisa menyampaikan pendapat mau itu kritikan atupun sebuah saran dan harus bisa menerimanya tentunya dengan bahasa yang sopan.

   4.    Sosial

Lebih untuk saling meambantu mau itu dalam ambalan ataupun perseorangan dan melakukan kerja bakti

    5.    Intelektual

Menguji materi atau pengetahuan kita seberapa jauh pengetahuan yang kita ketehui tentang kepramukaan dan kebangsaan

    6.    Fisik

Dapa Mempraktekkan suatu cabang olahraga yaitu renang dan dapat mengtahui perkembangan fisik serta penyakit

Arti dan makna dari balok bantara

     1.    Ukuran
·        Sisi atas berukuran 3 cm melambangkan trisatya karena seorang pramuka itu harus bepedoman pada trisatya
·        Sisi kiri dan kanan berukuran 7 cm melambangkan 7 lapis langit dan bumi, seorang pramuka harus menyadari bahwa ciptaan tuhan itu begitu hebat.
·        Sisi bawah berukuran 5 cm melambangkan pancasila dan rukun islam, sebagai seorang pramuka harus mampu menerapkannya kedua itu dalam kehidupan sehari – hari

     2.    Gambar
·        Bintang 1 melambangkan tuhan yang satu artinya kita harus bertakwa dan mempercayai bahwa tuhan itu satu.
·        Kitri 2 melangbangkan satuan terpisah antra putra dan putri walaupun satuan yang terpisah tetap dalam tugasnya sama tidak dibeda – bedakan.
     3.    Warna
·        Merah melambangkan kesejahteraan
·        Hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran

Memasang balok bantara itu dari kiri ke kanan kenapa begitu? Diibaratkan kita melakukan perubahan dengan merubah yang dari asalnya buruk menjadi baik

Balok bantara juga tidak boleh di pasang apabila tidak memakai kacu. Soalnya kacu yang pertama di lantik jadi harus kacu dulu pertama baru balok bantara dan semua itu tergantung juga dengan adat ambalannya masing – masing.

14 Responses to "Pengertian Bantara Secara Rinci"

  1. Terima kasih materi ini sangat berharga

    ReplyDelete
  2. Dari mana asal kata biantara?,bukan kah yg lebih logikanya adalah berarti bantuan tenaga rakyat,yg bertugas mengawal 3 hal,1.mengawal tegaknya pancasila,2.mengawal tokoh pemerintahan(presiden,bupati,..)3.mengawal pembangunan infrastruktur.maaf kalau tersinggung,cuma meluruskan agar yg lain tdk salah lagi🙌

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas masukannya jadi menambah pengetahuan saya. iya dulu mungkin saya hanya mendengar dari pembina ataupun kaka senior waktu di pramuka

      Delete
  3. Dari mana asal kata biantara?,bukan kah yg lebih logikanya adalah berarti bantuan tenaga rakyat,yg bertugas mengawal 3 hal,1.mengawal tegaknya pancasila,2.mengawal tokoh pemerintahan(presiden,bupati,..)3.mengawal pembangunan infrastruktur.maaf kalau tersinggung,cuma meluruskan agar yg lain tdk salah lagi🙌

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ni... kalo berfikir secara logika kata "bantara" itu kan adalah bahasa "sansekerta" jadi bantara bukanlah singkatan yang sering orang salah fahami sebagai "bantuan tenaga rakyat"

      Delete
    2. maaf ni... kalo berfikir secara logika kata "bantara" itu kan adalah bahasa "sansekerta" jadi bantara bukanlah singkatan yang sering orang salah fahami sebagai "bantuan tenaga rakyat"

      Delete
    3. iya saya juga belum tau mana yang benar mana yang belum tepat terimakasih atas masukannya

      Delete
  4. Replies
    1. ada yang mngatakan biantara yang berati pidato ada yang mengatakan juga "bantuan tenaga rakayat" mohon maaf

      Delete
  5. Terimakasih artikelnya sangat membantu (singkat padat dan jelas) 🙏

    ReplyDelete
  6. Apakah wajib untuk mengikuti pelantikan Bantara dalam kegiatan Pramuka?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Maaf Kak Saya Mau Bertanya Apa itu Kitri 2?
    Dan Kenapa Ada Warna Merah Dalam Bantara Bukannya Kuning Dan Hijau,Sekian Mohon di Jawab Secepatnya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan