Apa Itu Pramuka ?



Tahukah apa itu pramuka? Mungkin nama pramuka tidak asing lagi soalnya pramuka sudah di ajarkan dari SD, SMP,SMA bahkan hingga perguruan tinggi.

Pramuka ini singkatan dari praja muda karana yang artinya para pemuda yang suka berkaya. Pramuka di indonesia di dirikan pada tanggal 14 agustus 1961 oleh sri sultan hamengkubuwana IX.
(baca juga: sejarah pramuka dunia dan indonesia)

Mungkin bagi kebanyakan orang pramuka itu jadul apalagi suka istilah pramuka itu jarang mandi betul gak kawan? Mungkin bagi yang pernah merasakan ikutan organisasi pramuka pasti tersenyum apalagi kalau nostalgia dengan kawan yang kocak yang nyebelin pasti ada betul gak? Nah itu pramuka didik untuk membentuk karakter dan rasa kekeluargaan yang kuat.

Apalagi kalau sudah ada kegiatan besar  di pramuka waktu terakhir acara suka di suruh tukuran no hp, media sosial sampai aksesoris untuk lebih mengenal lagi . bahkan sampai ada yang cinlok habis acara tidak aneh lagi kalau di pramuka tapi itulah keseruan di pramuka.

Dan di pramuka juga tidak hanya belajar cuman pionering , smaphore dan pbb saja ada kegiatan lain yang lebih modern karena pramuka juga harus menyesuaikan dengan Zaman. Kegiatanya seperti kerja bakti yang kemasyarakatannya tidak hanya itu seperti menyanyi di pramuka juga ada, yang suka foto-foto kegiatan fotografer juga ada ke pecinta alamnya ada . keren bukan?
( baca juga : cara menghafal sandi morse dengan cepat )

Di pramuka kita di ajari sikap, mental, dan fisik dan semua itu tidak lepas dari aturannya. Saya paling sebel itu kalau di pramuka sebutan senior junior uhh itu kenapa kenapa istilaha itu biasanya yang senior merasa sudah di atas dan ketika punya adik baru itu kesempatan untuk mereka melampiaskan balas dendam ke adik-adiknya. Bukannya membuat nyaman tapi membuat adiknya menberontak yang nantinya bisa ngelunjak.

Untuk itu saya kurang suka kalau ada istilah senior junior,  zaman sekarang hilangkanlah istilah senior junior ganti istilah itu dengan kakak ber adik karena dengan istilah itu kita bisa saling berbagi,menyayangi dan menghormati. Dan bisa membuat adik-adiknya itu nyaman di pramuka. Karena zamannya sudah berberda kawan, betul gak?

Menurut saya pramuka itu hebat ,kenapa? Karena bisa mengajarkan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa, mengajarkan untuk tidak malu . malu disini bukan harus seperti orang gila tapi tidak malu dalam menyampai pendapatnya , kritik dan sarannya. Dan harus juga menerima kritikan dan saran dari orang lain juga supaya bisa mengintropeksi diri dan mengevaluasinya.

Diajarkan dimasa saatnya kita didik dan di mana saat untuk mendidik. Massa yang biasanya sulit itu di mana masa ketika mendidik adik kelasnya. Dimana kita harus mengetahui metode seperti yang akan di terapkan supaya adik-adiknya merasa nyaman . tapi smua itu balik lagi kekita asalkan kita bisa melihat situasi dan kondisinya dan harus mengikuti zaman. Jangan terapkan metode yang dulu karena sekarang zamannya sudah berbeda.

Sekarang ajah didalam kurikulum 2013 satu hari harus ada ke pramukaannya. Berati pramuka itu tidak jadul buktinya saja kurikilum memasukan pendidikan pramuka kedalam pendidikan nasional. Karena penyampain materi di pramuka tidak membosankan kebnyakannya langsung terjun dilapangan paling teorinya sekitar 30 – 40 %. Nah itu yang membuat pramuka itu hebat.

Jadi kesimpulannya pramuka itu hebat, tidak jadul selalu mengikuti perkembangan zaman selalu menciptakan suasana yang berbeda dan mempererat kekeluargaan bagaikan keluarga kedua setelah dirumah.

Mungkin artikel yang saya buat hanya sedikit tapi semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan  

0 Response to "Apa Itu Pramuka ?"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan