Mengenal apa itu Sistem Operasi

Apa itu Sistem Operasi ?
Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. pengelolaan seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan penyedia sekumpulan laayanan (system calls) kepada pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguanaan, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Saat ini sudah begitu banyak sistem operasi yang menuntut kita untuk mengetahuai sistem operasi apa yang cocok dengan dengan komputer yang kita miliki tingkat keamanan dan efesiensi paling baik.

A.    Sejarah Sistem operasi
Sistem operasi mengalamai perkembangan yang sangat pesat, dan di bagi kedalam empat generasi yaitu sebagai berikaut :
1.      Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi , maka sistem komputer di beri instruksi yang harus di kerjakan secara langgsung.
2.      Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan batch processing system yaitu intruksi atau perintah yang di kerjakan dalam satu ragkaian lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, misalnya FMS dan IBSYS
3.      Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi di kembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus. Para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer. Sistem Operasi menjadi multi-user ( digunakan banyak pengguna sekligus ) dan multi-programing (melayani banyak program sekaligus).

4.      Generasi Keempat (Pasca 1980-an)
Pada generasi keempat ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, pemakai menyadari komuter – komputer yang saling terhubung satu sama lain.

B.   Fungsi Sistem Operasi
Sistem Komputer pada dasarnya terdiri dari 4 komponen utama yaitu, perangkat keras, program aplikasi, sistem operasi dan pengguna. Sistem opersi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
     Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam satu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator.satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan pengguna komputer yang tidak perlu.

C.   Jenis Sistem Operasi
Banyak jenis sistem operasi yang digunakan antara lain POSIX, UNIX, MS-DOS, MS Windows, GNU LINUX, dan Mac OS.Berdasarka cara berintraksi dengan pengguna (user) terdapat dua jenis sistem operasi, yaitu sistem operasi bebasis teks dan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface).
( baca juga : sejarah windows )
Sistem Operasi berbasis teks artinya user berinsteraksi dengan sistem melalui perintah – perintah yang berupa teks. Contoh sistem operasi berbasis teks adalah MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Lain halnya dengan sistem operasi berbasis GUI yaitu pengguna dapat berinsteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar/simbol-simbol. Sistem ini akan memberi kemudaha dan kenyamanan bagi pengguna. Contoh sistem operasi berbasis GUI, yaitu MS Windows, GNU Linux, dan Mac OS dan beberapa sistem operasi bebasis GUI dapat pula dioprasikan dengan mode teks.

1 Response to "Mengenal apa itu Sistem Operasi"

Berkomentarlah dengan sopan